PB, Kendari : Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W, SH menegaskan kegiatan pembersihan ranjau di Teluk Kendari tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat dan  pelayaran di kawasan itu. “Kegiatan pelayaran dan aktivitas masyarakat tidak akan terganggu” ujar Aries saat memberikan keterangan pers di Mako Lanal Kendari  Kamis (16/6/2016).

Dikatakan oleh Aries, pembersihan Ranjau di Teluk Kendari  yang akan  dilaksanakan oleh Satuan Tugas Tindakan  Perlawanan Ranjau I Tahun 2016 Perairan Teluk Kendari direncanakan akan berlangsung dalam empat hari. “satu hari untuk tahapan deteksi klasifikasi dan identifikasi sedangkan tiga hari yang lain adalah tahapan netralisasi” ujar Aris lagi.

Danlanal Kendari juga mengatakan dalam tahapan netralisasi ranjau, aktivitas pelayaran di Teluk Kendari tetap akan berjalan, meskipun ada mekanisme yang harus dipatuhi dan diikuti oleh para pengguna jasa Teluk Kendari. “Pelayaran tetap berjalan hanya saja semua pihak yang berkepentingan tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan kami agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan” kata orang nomor satu di jajaran Lanal Kendari itu.

Kolonel Aris menambahkan personel yang tergabung dalam satgas tersebut adalah personel TNI AL yang profesional di bidangnya oleh karenanya masyarakat yang berkativitas dan yang berada di sekitar Teluk Kendari tidak perlu khawatir dengan kegiatan pembersihan ranjau.”Mereka (Personel satgas red) adalah orang-orang terlatih dan profesional” pungkasnya.

Namun Danlanal Kendari berharap agar masyarakat mantaati semua prosedur pelayaran yang telah ditetapkan agar dalam pelaksanaan pemusnahan ranjau tidak mengakibatkan efek negatif bagi masyarakat pengguna jasa Teluk Kendari. (Enel-Sultra)

loading...