PB, Bekasi- Petani selalu didampingi oleh Babinsa Kodam Jaya untuk peningkatan swasembada pangan. Kerjasama berdampingan Kodam Jaya dengan Kelompok Tani, diharapkan mampu mendorong swasembada pangan tiga tahun mendatang seperti yang dicanangkan oleh pemerintah.

Babinsa Kodam Jaya melaksanakan panen raya, dengan menghasilkan padi yang cukup bagus dan melimpah ini berkat kerjasama  Babinsa Kodam Jaya dengan kelompok Tani. Kerjasama ini bukan berarti Kodam Jaya dalam hal ini para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dilapangan melatih para kelompok tani, tetapi lebih pada pendampingan kelompok tani bila ada keluhan mengenai pupuk dan juga system pengaturan air. Kamis (16/6).

Secara teknis dilapangan sudah ada penyuluh pertanian lapangan dari dinas pertanian, Babinsa Kodam Jaya hanya mendampingi non teknis, misalnya ada keterlambatan pasokan pupuk ke kelompok tani disinilah peran Babinsa itu membuat laporan ke Danramil kemudian ke Kodim ke Pangdam, Bupati dan Gubernur sehingga semua bisa berjalan sesuai yang diharapkan sehingga pupuk yang dibutuhkan petani itu dapat segera di alokasikan bisa tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran karena satu minggu saja pupuk terlambat itu bisa mengakibatkan kehilangan satu ton hasil panen petani.

Babinsa juga sebelumnya sudah mendapatkan pembekalan pelatihan tentang alat mesin dan teknologi pertanian oleh Kementerian pertanian diwilayah kabupaten tangerang.

Dengan demikian, swasembada pangan tiga tahun kedepan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar dan bila hasilnya melimpah mungkin dapat di ekspor ke luar negeri.

(Kamal/Pendam Jaya)

 

loading...