PB, Jakarta- Dalam mengisi kemeriahan Safari Ramadhan dan buka bersama (Bukber) Danrindam  Jaya Kolonel Inf Anton Yuliantoro menampilkan marawis yang dikembangkan dari satuan-satuan  Kodam Jaya seperti Yonif Mekanis 201/ Jaya Yudha. Kegiatan tersebut langsung disaksikan oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Tedy Laksamana di Markas Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur, Jumat malam (17/6/).

Dalam Kegiatan tersebut bertemakan” Dengan hikmah ramadhan 1437 H/2016 kita mantapkan ketaqwaan prajurit TNI kepada Allah SWT sebagai landasan moral dalam menyukseskan pelaksanaan tugas”

DSCN1972

Kesenian Marawis yaitu berasal dari negara Timur Tengah terutama dari Yaman Marawis yaitu salah suatu jenis band tepuk dimainkan oleh minimal sembilan atau sepuluh orang dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. musik ini menggunakan hajir (gendang besar) berdiameter 45 Cm dengan tinggi 60-70 Cm, Marawis (gendang kecil) berdiameter 20 Cm dengan tinggi 19 Cm, dumbuk atau (jimbe)sejenis gendang yang berbentuk seperti dandang, memiliki diameter yang berbeda pada kedua sisinya), serta dua potong kayu bulat berdiameter sepuluh sentimeter. Kadang kala perkusi dilengkapi dengan tamborin atau krecek dan Symbal yang berdiameter kecil. Lagu-lagu yang berirama gambus atau padang pasir dinyanyikan sambil diiringi jenis pukulan tertentu saja.

Kesenian Marawis merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi serta memiliki unsur keagamaan yang kental, itu tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Tedy Laksamana, mengucapkan terimakasih pada semua pihak di jajaran Kodam dalam mengikuti kegiatan Safari Ramadhan, khususnya pada Rindam jaya yang memeriahkan acara Safari Ramadhan tersebut.

DSCN1979

Pada Kegiatan safari Ramadhan itu juga Panglima Kodam Jaya menekankan pada semua prajurit untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan agar dijadikan sebagai landasan dalam bekerja, sehingga pada arah bekerja tidak banyak pelanggaran prajurit, menjadi introfeksi diri agar  kedepan lebih maju.

Ditempat yang sama Danrindam Jaya Kolonel Inf Anton Yuliantoro mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam mengisi Ramadhan.Selain itu  juga dalam rangka agar panglima ingin dekat sama prajuritnya selama bulan Ramadhan sambil melaksanakan ibadah sekaligus melaksanakan kegiatan bersama.

Danrindam Jaya  mengatakan di samping itu juga kita mengajak warga sekitar sehingga Pangdam Jaya dalam hal ini khususnya Kodam Jaya lebih dekat lagi dengan rakyat. Sedangkan mengisi dengan kegiatan ini selain tarawih kita juga isi dengan sipritual yang berkaitan seni , seperti menampilkan Marawis .

“ Melalui Marawis ini Rindam juga akan berencana nantinya akan mengembangkan, dijajaran satuanya, dimana hal ini merupakan kegiatan yang di lakukan dari prajurit-prajurit,” kata Danrindam Jaya.

Seusai melaksanakan sholat tarawih berjamaah Pangdam Jaya juga memberikan bantuan berupa santunan kepada Anak Yatim.

Dalam acara kegiatan safari Ramadhan tersebut di hadiri oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Ibnu Triwidodo,Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo,Danrem 051/wkt Kolonel Inf Rifki, Danrem 052/wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan,Danbrigif 1 PIK/JS Kolonel Inf Rionardo, para Asisten kasdam Jaya, para Kabalakdam Jaya, Dandim 0505JT Letkol Inf Iwan Setiawan, para Dansat jajaran kodam Jaya serta para prajurit Militer dan PNS Kodam Jaya.

(Kamal)

 

 

loading...