PB, Kendari : Proses pemusnahan ranjau yang dilaksanakan di Teluk Kendari menjadi tontonan menarik bagi warga Kota Kendari Sabtu (18/6/2016). Warga tampak berbondong-bondong menyaksikan keahlian yang diperagakan oleh puluhan  Personel TNI AL yang tergabung dalam Satgas Tindakan Perlawanan Ranjau I Tahun 2016 Teluk Kendari itu.

Pantauan pembawaberita.com warga nampak memadati  pelabuhan Kapal Wanci, Pelabuhan Samudera, Pelabuhan Kota Lama, Pelabuhan Tipulu, Pelabuhan Kapal Wawonii, Pelabuhan Batu dan di sejumlah titik terdekat lokasi peledakan ranjau  .

Bahkan ada sekelompok warga yang nekat naik di sejumlah anjungan kapal yang sedang berlabuh hanya untuk sekedar menyaksikan peristiwa langkah tersebut.

IMG_20160618_112525Ardy salah seorang warga Gunung Jati Kota Kendari kepada media ini mengatakan dirinya bersama belasan teman karibnya ingin menyaksikan bagaimana proses peledakan ranjau peninggalan Perang Dunia II tersebut. “Kami ingin lihat bagaimana itu pasukan katak meledakan ranjau di dalam air” ujarnya.

Senada dengan itu, Lina warga Mandonga Kota Kendari mengatakan dirinya tertarik menonton peledakan ranjau karena ingin memastikan kebenaran informasi tentang banyaknya sisa ranjau yang ditebar saat PD ll  tahun 1940an silam. “Kita sudah dengar dan membacanya di media tentang masih banyaknya ranjau di Teluk Kendari. Saya hanya ingin memastikan saja apa betul ada, ternyata masih ada” ujar Lina usai kegiatan peledakan ranjau.

IMG_20160618_114628Sementara itu Tahir, warga Kelurahan Sodohoa kepada media ini mengatakan dirinya tertarik untuk memanen ikan yang mati akibat peledakan ranjau tersebut. “Saya mau ambil ikan yang mati, karena pasti banyak ikan mati” katanya.

Untuk diketahui proses peledakan ranjau oleh Satgas TNI AL di Teluk Kendari  dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 11.45 waktu setempat. Pemusnahan ranjau tersebut difokuskan di sektor utara dengan target 3 titik dari 15 titik yang ditargetkan.Terdengar tiga dentuman akibat proses peledakan oleh satuan Elit TNI AL itu. Dansatgas Tindakan Perlawanan Ranjau I Tahun 2016 Teluk Kendari Kolonel Laut (P) Bayu Tri Kuncoro yang dihubungi media ini membenarkan pihaknya telah memusnahkan 3 titik ranjau diteluk Kendari. “Iya mas ada tiga titik yang kami ledakan hari ini” ujar mantan Danlanal Nunukan itu. (Enel-Sultra)

loading...