PB, Kwajelein- Setelah meninggalkan perairan nusantara pada tanggal 12 Juni lalu, KRI Diponegoro (DPN)-365 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) The Rim of Pacific Exercise (Rimpac) Tahun 2016 tiba di Kwajelein Kepulauan Marshall pada hari Jumat (17/06).

Kehadiran KRI Diponegoro-365 di Kwajelein merupakan persinggahan kedua dari Jayapura sebelum menuju Hawaii. Kapal perang perwakilan Indonesia yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Tunggul menjadi daya tarik warga Kwajelein, untuk itu melalui acara makan malam bersama Komandan KRI DPN-365 berkesempatan pula memperkenalkan kebudayaan Indonesia yang saat itu dihadiri oleh Komandan Garnisun  wilayah setempat yakni Kolonel Henry dan satu personil U.S. Army Kapten Casbarra, serta empat orang penduduk lokal Kwajelein yang berlangsung di Lounge Room Perwira KRI Diponegoro -365.

17 TIBA DI KWAJELEIN, KRI DIPONEGORO-365 KENALKAN BUDAYA   INDONESIA (2)Komandan KRI Diponegoro-365 selama acara makan malam berlangsung menceritakan tentang keanekaragaman budaya dan tempat wisata menarik di Indonesia. Begitu pula dengan  beberapa makanan khas Indonesia termasuk menu yang disajikan dalam acara makan malam tersebut. Selama obrolan berlangsung, Kolonel Henry ternyata menyukai makanan yang disajikan oleh KRI Diponegoro -365 yaitu sate ayam.

Acara makan malam selesai, Letkol Laut (P) Tunggul memberikan sebuah cinderamata berupa kain batik kepada Kolonel Henry. “Batik mencerminkan kesabaran dan keharmonisan dalam menentukan corak dan warna, hal ini diharapkan dapat menjadi filosofi dalam membina hubungan menjadi lebih baik antara Indonesia dengan Amerika pada umumnya dan TNI AL dengan US.Army pada khususnya”, ujar Komandan KRI DPN-365.

Dalam pelayaran berikutnya, KRI Diponegoro-365 dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan menuju Hawai pada tanggal 22 Juni 2016 untuk melaksanakan Latma Multilateral Rimpac 2016 di Pearl Harbour.

(Kamal/Dispenarmatim)

 

 

 

loading...