PB Jakarta- Perencanaan Strategis pembangunan Negara merupakan rangkaian kegiatan perencanaan secara berurutan yang dilaksanakan setiap dua puluh tahun dan dijabarkan dalam periode lima tahunan selanjutnya dirinci dalam perencanaan tahunan. Sebagai bagian dari sistem tersebut, TNI Angkatan Laut harus berperan dan terlibat secara aktif agar perencanaan strategis mendapat hasil yang terbaik.

Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) Laksamana Muda TNI Herry Setianegara, S.Sos., S.H., M.M., mengatakan  hal tersebut saat membuka Latihan perencanaan strategis (Latrenstra) pembangunan Unit Organisasi (UO) TNI AL TA.2018,  Perwira Siswa (Pasis) Kursus Manajemen Strategik TNI Angkatan Laut Angkatan ke-11 TP.2016 di Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (20/6).

Pada upacara pembukaan yang ditandai dengan pemasangan secara simbolis tanda peserta latihan tersebut, Laksamana bintang dua ini lebih lanjut mengatakan bahwa  latihan perencanaan strategis (Latrenstra) pembangunan unit organisasi TNI AL merupakan latihan puncak bagi Pasis Seskoal dalam bidang studi strategi yang menuntut adanya pengaplikasian seluruh teori yang selama ini sudah dipelajari, karena pada Latrenstra kali ini mencakup proses pembangunan jangka panjang, menengah dan jangka pendek. Hal tersebut dimaksudkan agar Pasis lebih memahami secara utuh mekanisme sistem perencanan pembangunan pertahanan Negara yang merupakan bagian dari sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Untuk itu Pasis Susjemenstra Seskoal harus memahami secara utuh rangkaian kegiatan proses perencanaan pembangunan pertahanan Negara matra laut melalui penyelenggaraan Latrenstra pembangunan unit organisasi TNI AL sebagai bekal saat kembali ke satuan penugasan kelak”, ujarnya.

Latihan perencanaan strategis dengan tema  “Melalui Latrenstra pembangunan U.O. TNI AL TA.2018 kita tingkatkan pengetahuan Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-11 TP.2016 dalam melaksanakan perencanaan strategis pembangunan TNI AL”. Kegiatan tersebut  akan berlangsung selama sepekan dengan diikuti 99 Pasis Susjemenstra.

Pada pelaksanaan latihan tersebut dibagi dalam tiga tahap yakni tahap penataran peserta latihan dan pencerahan, tahap pembuatan dan paparan naskah perencana strategis, serta tahap kaji ulang dan penutup.  Sedangkan yang menjadi tujuan edukatif Latrenstra  adalah,  pertama, melatih Pasis agar dapat memahami penerapan mekanisme dan metode penyusunan dokumen Renstra Pembangunan unit organisasi dan Kotama TNI AL jangka sedang dan jangka pendek  serta melaksanakan tugas-tugas sebagai perwira staf umum di tingkat Kotama TNI AL. Kedua, memberi gambaran secara umum kepada Pasis tentang Sistem Perencanaan Strategis Pertahanan Negara yang mulai diberlakukan pada tahun 2005.

Hadir pada acara tersebut Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc, Sekretaris Lembaga Seskoal Kolonel Prasetyo, S.Pi., M.Tr(Han)., M.A.P., pejabat utama Seskoal serta Perwira Penuntun dan Dosen di Lembaga Pendidikan tertinggi TNI AL.

(Kamal/Pen Seskoal)

 

 

 

loading...