PB, Sidoarjo- Ratusan pecinta burung kicau ramaikan kontes burung kicau yang diselenggarakan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam rangka menyambut HUT ke 55 Kolinlamil tahun 2016. Kontes ini dibuka oleh Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S.Sos. bertempat di gantangan Agro Community Jemundo-Taman, Sidoarjo Jawa Timur pagi hingga sore hari Minggu (19/6).

Penyelenggaraan kontes tersebut Kolinlamil bekerja sama dengan komunitas pecinta burung kicau dari Agro Community Jemundo, yang diketuai oleh Yuddi Crestianto dan juga kerja sama dengan pasar modern Puspa Agro sebagai penyedia tempat perlombaan.

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S. Sos mengatakan dalam menyambut HUT ke 55 Kolinlamil kali ini, Kolinlamil menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat diantaranya lomba fotograsi, lomba PBB kreatif yang melibatkan anak sekolah tingkat SLTA dan salah satunya yaitu kontes burung kicau.

“Dalam rangka Ulang Tahun Kolinlamil yang ke 55 ini, Kolinlamil berusaha merangkul masyarakat khusus saudara-saudara kita yang senang dan hobi dengan burung berkicau. Kita mewadahi ini dengan harapan selain Kolinlamil bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat juga saudara-saudara kita yang memiliki hoby burung kicau bisa menyalurkan hobinya, menyalurkan kegemarannya dan bisa melihat kehebatan burung peliharaannya masing-masing saat mengikuti kontes”, jelas Pangkolinlamil.

Pangkolinlamil menjelaskan, bahwa untuk tahun ini dalam menyambut HUT ke 55 Kolinlamil, khusus kontes burung dilaksanakan di dua tempat yaitu Jakarta dan Surabaya. Untuk wilayah Surabaya diwadahi oleh Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Riduan Purnomo, S.E., M.M. mewakili Kolinlamil sementara untuk di wilayah Jakarta kontes burung nanti diselenggarakan pada tanggal 31 Juni bekerja sama dengan Komunitas Ronggolawe.

“Bila tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses, maka kegiatan kontes burung kicau ini, Kolinlamil akan agendakan penyelenggaraannya sekali setahun dan akan kita siapkan piala bergilir”, harap Panglima.

Kontes burung kicau yang diselenggarakan Kolinlamil di kota udang Sidoarjo ini sangat membius para mania burung kicau se-Jawa Timur. Sebanyak seribu orang peserta kontes mulai dari kota hingga daerah pelosok Jawa Timur berdatangan membawa burung andalannya dari berbagai jenis ikut lomba, bahkan satu peserta ada yang membawa dua jenis burung peliharaannya.

Kontes burung kicau yang diselenggarakan mulai dari jam 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore hari minggu tersebut, ternyata total jumlah burung yang ikut kontes sesuai data dari panitia penyelenggara tercatat 1600 ekor burung kicau dari berbagai jenis.

Setiap jenis dan kelas burung kicau diambil jual satu, dua dan ketiga. Selain mendapat hadiah berupa uang pembinaan yang disiapkan dari panitia Agro Communitas Jemundo, para peserta kontes yang masuk nomor satu, dua dan tiga mendapat tropi yang terbuat dari seloncong peluru, medali dan sertifikat dari Panglima Kolinlamil.

Sebanyak 24 jenis burung kicau yang ikut dalam kontes tersebut yaitu, jenis burung kicau Love bird A, Cucak Hijau A, Punglor Merah A, Cendet A, Love Bird Murai Batu A, Kacer A, Love Bird C, Cucak Hijau B, Kenari A, Love Bird D, Murai Batu B, Punglor Merah B, Love Bird D, Cucak Hijau C, Pleci A, Love Bird F, Pleci B, Love Bird H, dan Cendet B.

(Kamal/Dispen Kolinlamil)

 

 

 

loading...