PB,  Kendari : Kepala Staf Korem 143/HO Letkol Kav.  Agus Waluyo, SIP mengatakan peringatan Hari Juang Kartika merupakan refleksi kebersamaan TNI-Rakyat saat perjuangan merebut maupun mempertahankan kemerdekaan RI dari tangan penjajah.  ” Hari Juang Kartika, yang diperingati setiap tahunnya merupakan refleksi  peristiwa bersejarah dalam  perjalanan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya yang mengandung nilai-nilai kebersamaan nyata TNI AD dengan rakyat” ujar Agus saat membacakan amanat KASAD (Kepala Staf TNI AD) saat upacara peringatan Hari Juang Kartika di Halaman Makorem 143/HO, Kamis (15/12/2016).

Kata dia Hari Juang Kartika merupakan momentum untuk mensyukuri apa yang dicapai dan sarana intropeksi diri yang telah dilakukan satu tahun lalu.

“Melalui Hari Juang Kartika kita kembali memantapkan jati diri TNI AD  sebagai tentara rakyat sebagai tentara pejuang dan sekaligus sebagai Tentara Nasional” katanya lagi. Oleh karena itu kata dia kemanunggalan TNI-Rakyat harus terus dijaga dan ditingkatkan guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

“TNI AD juga harus terus memelihara kemangunggalannya dengan rakyat, antara lain melalui pembinaan teritorial di seluruh wilayah tanah air” imbuhnya.

img-20161215-wa0200Agus juga mengatakan bahwa TNI AD tidak hanya tentara yang lahir dari dan terbentuk dari rakyat pejuang, tetapi selalu dan akan terus berjuang bersama rakyat.  Sejarah telah membuktikan bahwa selama 71 tahun masa pengabdiannya, TNI AD tidak dapat dilepaskan dari rakyat.

” Peristiwa Pada tanggal 15 Desember 1945, di Kota Ambarawa, Jawa Tengah, para pejuang pendahulu TNI AD bahu membahu bersama rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah dari ancaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi adalah bukti kebersamaan itu” terangnya.

Dia menambahkan dengan persenjataan yang sedehana, sarana seadanya dan semangat juang yang tinggi, keuletan, keberanian, sikap rela berkorban serta pantang menyerah, akhirnya mampu menghadapi pertempuran sengit itu, dengan hasil yang gemilang.

Pantauan media ini nampak hadir dalam upacara peringatan Hari Juang  Kartika Danlanal Kendari Kolonel Laut (P)  Aris Harijadi W.  SH. Ketua Majelis Daerah Legiun Veteran RI Provinsi Sultra,   para Dandim,  Kadisjan, Kabalak jajaran Korem 143/HO dan segenap prajurit/PNS Korem 143/HO. (Enel-Sultra)

loading...