PB, Kendari ; Warga Kasipute Kabupaten Bombana tumpah ruah di Jalan menyaksikan peserta Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2016. Pantauan Media ini, ditengah terik matahari nampak  terlihat sejumlah warga   berjejel di sepanjang jalan yang dilalui oleh peserta Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2016 itu.

Sebagaimana diketahui peserta Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2016 mengambil start di Lapangan eks MTQ Kelurahan Lampopala Kecamatan Kasipute dan dilepas secara resmi oleh Pj Bupati Bombana Hj. Sitti Saleha. Dari Kelurahan Lampopala, selanjutnya 34 prajurit peserta tonting akan berjalan kaki sejauh 25 km menuju Kelurahan Lantari Jaya.

img-20161217-wa0085Namun sebelumnya yakni di Km 12, peserta tonting terlebih dahulu  beristirahat  selama 15 menit di Desa Watu Mentade Kecamatan Rarowatu dan juga menjalankan shalat Jumat di Desa Hukaeya Kecamatan Rarowatu.

Asyiah salah seorang warga Kasipute kepada media ini mengatakan dirinya sangat  tertarik menyaksikan Peleton Beranting karena momentum tersebut merupakan yang pertama kali baginya. “Ini yang pertama kali saya melihat tentara berbaris seperti ini” katanya. Senada dengan itu Sumarni salah seorang pengajar Sekolah Dasar di Kasipute kepada pembawaberita.com mengatakan dirinya tertarik menonton Tonting karena ingin melihat semangat juang para prajurit TNI yang berjalan kaki meskipun dalam cuaca panas nan terik.

img-20161217-wa0084Bahkan pada kesempatan tersebut  Sumarni mengajak sejumlah anak didiknya untuk bersama-sama menyaksikan peserta Tonting. Begitupula dengan Anca warga Desa Watu Mentade kepada media ini mengatakan pihaknya sangat terkesan dengan kegiatan Tonting yang dilaksanakan oleh Prajurit TNI.

Karena itu dirinya bersama warga Desa lainnya dengan sukarela menyiapkan minuman, makanan dan buah-buahan untuk para prajurit. “Silahkan dinikmati pak, mudah-mudahan bapak-bapak bisa singgah lagi di desa kami” harapnya. (Enel-Sultra)

loading...