PB Jakarta : Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam ke-67, Begitu banyak kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkannya. Tetapi dibalik itu semua, Kodam Jaya tetap tidak melupakan sejarah dari sebuah nama besar yang memiliki nilai sejarah.

Jayakarta, itulah nama yang digunakan sebagai Komando Daerah Militer yang secara strategis terletak diwilayah Ibukota Republik Indonesia. Mengungkap sedikit mengenai Jayakarta atau yang lebih dikenal sebagai Pangeran Jayakarta adalah nama seorang penguasa kota pelabuhan Jayakarta (Saat ini DKI Jakarta), yang menjabat sebagai wakil dari Kesultanan Banten.

Sejarah mencatat, di bawah kepemimpinan Pangeran Jayakarta kota bandar itu maju pesat, terutama di bidang perdagangan hasil bumi. Hal itu membuat Belanda, lewat perusahaan dagang Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), ingin berusaha di sana. VOC sebelumnya sudah malang-melintang dan menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku.

Hal tersebutlah yang membuat Keluarga Besar Kodam Jaya harus selalu mengenang, mendoakan dan berziarah serta selalu mentauladani sikap dan rasa cinta tanah air dari Pangeran Jayakarta.

Pagi ini segenap Prajurit Kodam Jaya yang dipimpin Kepala Staf Kodam Jaya Brigjen TNI Ilyas Alamsyah mewakili Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana untuk bersama melaksanakan ziarah ke makam Pangeran Jayakarta yang diterima langsung oleh H.R. Manaf selaku Keluarga dari Pangeran Jayakarta. Bertempat di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, Jumat (23/12).

Ziarah ini merupakan kegiatan rutin Tahunan yang dilaksanakan Kodam Jaya dalam rangka memperingati HUT Kodam Jaya/Jayakarta. Disamping itu kegiatan ini adalah suatu bentuk penghormatan untuk mengenang jasa para pahlawan, khususnya pahlawan Pangeran Jayakarta yang telah memperjuangkan kota Jakarta.

“Kami sangat berharap makam Pangeran Jayakarta ini merupakan situs peninggalan sejarah dan ini harus kita lestarikan situs Makam Pangeran Jayakarta,” Tegas Kasdam Jaya.

Kegiatan Ziarah ini diikuti oleh Irdam Jaya Kolonel Arm Broto, Danrindam Jaya, Danrem 051/WKT dan Danrem 052/WKR, para Asisten Kasdam Jaya, para Kabalak Kodam Jaya, segenap Komandan Satuan Jajaran Kodam Jaya, serta Segenap Pengurus Persit KCK PD Jaya, ahli waris Makam Pangeran Jayakarta beserta Anak Yatim Piatu yang turut menerima santunan dalam kegiatan ini. (Kamal)

loading...