PB, Kendari : Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari pada akhir tahun 2016 ini  membangun dua MCK plus tempat Wudhu Masjid di dua desa pesisir Kabupaten Konawe. “Kami membantu membangunkan MCK dan trmpat wudhunya” ujar Perwira Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Kendari Mayor Laut (KH) Muhammad Slamet, S.Ag. kepada pembawaberita.com di Desa Sorue Jaya, Selasa (27/12/2016).

Kata dia pembangunan MCK dan tempat wudhu tersebut merupakan salah satu program Karya Bhakti TNI yang bertujuan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. “Ini bagian dari komitmen TNI khususnya Lanal Kendari untuk membantu meringankan beban masyarakat” katanya lagi. Lanjutnya, dalam program Karya Bhakti di Kecamatan Soropia pada tahun tahun 2016 pihaknya membantu pembangunan MCK dan Tempat Wudhu di Masjid Desa Sorue Jaya dan Masjid Desa Telaga Biru.

img-20161227-wa0192Menurut Slamet pemilihan dua desa sasaran tersebut karena dua masjid di Desa tersebut tidak memiliki sarana MCK dan tempat wudhu yang representatif. Senada dengan itu Kepala Desa Sorue Jaya Herman J kepada media ini mengatakan pembangunan fasilitas MCK di Masjid desa yang dipimpinnya adalah hal yang tepat karena aktifitas di Masjid tersebut sangat tinggi sehingga memerlukan sarana pendukung seperti MCK dan tempat wudhu yang representatif.

“Kadang ada tamu dari Kabupaten yang siar Islam di sini sangat kesulitan jika mau buang hajat” kata Herman. Dikatakannya pembangunan MCK dan tempat wudhu telah direncanakan sejak lama namun selalu terkendala dengan anggaran. “Proposal kami sudah lama masuk di Pemerintah Kabupaten  Konawe, namun belum ada jawaban” kata dia lagi.

Ditambahkannya sejak awal berdiri di tahun 1994 lalu, Masjid tersebut baru sekali mendapatkan perhatian dari Pemerintah. Begitu pula disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Desa Sorue Jaya Ramli yang mengatakan untuk pembangunan masjid di desanya selama ini, pihaknya banyak mendapatkan uluran tangan dari pribadi-pribadi yang prihatin dengan kondisi masjid ataupun hasil urungan dari masyarakat Desa Sorue Jaya. Oleh karenanya   mewakili mayarakat Desa Sorue Jaya,  dirinya  sangat berterimakasih atas partisipasi TNI AL yang memberikan bantuan pendanaan sehingga MCK yang representatif dapat berdiri di Masjid Desa yang berpenduduk 800 jiwa tersebut. “Kalau bukan bantuan dari Lanal Kendari, mungkin kami harus bersabar untuk mengumpulkan dana pembamgunan MCK dan tempat wudhu itu” kata Ramli yang juga Mantan Kepala Desa Sorue Jaya itu.

img-20161227-wa0196Sementara itu Danlanal Kendari Kolonel Aris Harijadi W., SH. berharap agar MCK dan tempat wudhu yang dibangun oleh Lanal Kendari dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung kegiatan peribadatan di Desa pesisir itu. “Semoga dapat bermanfaat dan dipergunakan sebaik mungkin” pesan Danlanal Kendari. (Enel-Sultra)

loading...