PB, Tanjung Selor — Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan mulai tahun ini Pemerintah Provinsi Kaltara mengoperasikan mobil Samsat Keliling (Samling).

Kata dia, pengoperasian mobil Samling itu dimaksudkan untuk memaksimalkan Pendatan Asli Daerah (PAD), sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

“Ada dua unit mobil Samsat Keliling yang siap dioperasikan. Yakni, untuk di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan,” ujarnya, Kamis (25/4).

Gubernur berharap melalui beroperasinya bus samsat keliling ini diharapkan dapat meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor yang ada di Tarakan dan Bulungan.

Dia juga mengatakan bahwa melalui APBD tahun ini, fasilitas serupa juga akan diadakan untuk Kabupaten Nunukan dan Malinau.

“Penerimaan pajak daerah merupakan komponen terbesar dari pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltara. Tahun ini PAD kita targetkan sebesar Rp 560 miliar. Dari itu, khusus sektor pajak daerah ditargetkan sebesar 363 Miliar,” jelasnya.

“Tidak hanya pada pajak kendaraan bermotor, saya menginginkan OPD-OPD lain juga berinovasi menggali potensi yang bisa menghasilkan pendapatan daerah,” pungkasnya.

 

(Redaksi)

loading...