PB, Jakarta — Dalam dua-tuga hari ini netizen sedang dihebohkan oleh dua hal. Semua orang memberikan perhatian ke kedua isu ini. Sampai-sampai berbagai masalah lain, baik sosial dan juga politik, tersisihkan untuk sementara.

Pertama, Iriana Jokowi yang sangat naif memakai sepatu Sneakers. Dia pakai sepatu yang lebih pantas untuk kaum pria. Sehingga dia kelihatan aneh sekali. Foto ini pun viral. Dikomentari macam-macam.

Yang kedua, ada aplikasi FaceApp yang mengasyikkan semua orang. Aplikasi ini pun juga sedang viral luar biasa. Mengasyikkan karena #AgeChallenge bisa memprediksi wajah kita di masa depan. Kita bisa buat foto yang tampak tua. Seorang teman mengirimkan foto profil saya yang dia buat berkerut-kerut. Bagus sekali!

Mungkinkan kedua hal yang viral ini muncul secara alami? Tidak ada sponsor?

Bagi saya, kedua subjek yang viral ini adalah bagian dari proyek distorsi perhatian publik. Konsentrasi publik, terutama pengguna medsos, sedang dipindahkan dari fokus politik pilpres, cq rekonsiliasi Jokowi-Prabowo, ke kedua isu yang disebut di atas. Bagi saya juga, viralisasi foto sepatu culun Iriana Jokowi yang terlihat, maaf, bloon itu dan aplikasi FaceApp wajah tua, bukan tanpa maksud.

Viralisasi itu juga sekaligus memastikan bahwa tim buzzer 01 masih aktif. Artinya, pernyataan seorang politisi kubu 02 bahwa tim mereka sudah dibubarkan, tampaknya tidak bisa dipercaya.

Anda bisa bayangkan siapa yang boleh mengambil foto Iriana dari dekat sehingga posisi sepatu bloon itu bisa tampak jelas? Mungkinkah orang 02 menyusup ke acara mereka lalu menjepret Sneakers Ibu Negara?

Saya tidak yakin. Tidak yakin kalau viralisasi foto Sneakers culun itu berlangsung tanpa tujuan. Begitu juga viralisasi FaceApp yang membuat semua orang hari-hari ini melupakan Lebak Bulus. Melupakan kontroversi pertemuan yang menyakitkan banyak orang itu.

Sebaliknya, saya percaya foto sepatu Iriana ditujukan untuk membelokkan perhatian publik. Sebab, keanehan ini pasti akan cepat direspon dan dibagikan ke grup-grup Whatsapp dan platform media sosial lainnya.

Bahkan saya yakin ada kesengajaan untuk menampilkan Iriana sebloonkan mungkin. Supaya viralisasi itu bisa bertahan lama di dunia maya. Apakah Anda percaya penata make-up istri presiden sebegitu gobloknya memakaikan sepatu Sneakers yang tak wajar untuk Iriana? Anda yakin tidak ada yang bisa mengingatkan tampilan yang menghenohkan itu?

Begitu pula FaceApp. Aplikasi ini diperkirakan akan bertahan dan mengasyikkan orang selama berhari-hari ke depan.

Kita lihat saja nanti kemunculan isu-isu baru untuk memecah perhatian netizen. Agar kontroversi politik Jokowi-Prabowo tidak terlalu dominan.

Pantas juga diingat bahwa sekarang ini ada beberapa isu besar lainnya. Termasuk KPK yang sedang digiring untuk dikuasai oleh orang-orang dari latarbelakang tertentu. Mereka tampaknya ingin sekali mengisi kursi pimpinan KPK dengan orang-orang kelak bisa mengendalikan operasional lembaga antikorupsi itu.

Juga ada isu pembebasan terpidana kasus korupsi 4.8 triliun dana bail-out Bank Century. Publik dibuat terperangah oleh putusan Mahkamah Agung (MA) yang melepaskan terpidana Syafruddin Arsyad Temanggung dari hukuman penjara.

Alhamdulillah, saya belum ikut memviralkan foto Iriana yang, pasti, menyita jutaan perhatian emak-emak. Alhamdulillah juga saya belum mengunduh FaceApp.

 

Oleh : Asyari Usman

(Penulis adalah wartawan senior)

loading...