PB, Jakarta — Kolaborasi TNI dengan Media Massa banyak memberikan manfaat positif hingga institusi TNI semakin dikenal dan dicintai rakyat.

Oleh karena itu, sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih kepada Wartawan Media Cetak (Koran dan Majalah), Televisi, Radio dan Online, TNI menggelar “Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2019”.

Kapuspen TNI melalui Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman menagatakan Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2019 dengan tema “TNI Bersinergi Membangun Negeri” dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 Hari TNI Tahun 2019.

“Gelaran lomba tersebut juga merupakan ajang penghargaan tertinggi persembahan TNI untuk insan Wartawan/Media atas dedikasi dalam menginformasikan segala kegiatan TNI dalam kiprahnya menjaga kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Kata dia, malam penganugerahan Panglima TNI Award 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2019, dan diserahkan langsung oleh Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. berupa Uang Tunai, Piala dan Sertifikat bagi para pemenang lomba.

“Bagi rekan-rekan wartawan yang berminat, dipersilahkan mendaftarkan diri kepada Panitia Panglima TNI Award 2019 d/a Puspen TNI – Mabes TNI, Jalan Parade Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kode Pos 13870.  Penyerahan materi dalam bentuk hard copy dan softcopy atau melalui email pangtniaward2019@gmail.com paling lambat tanggal 30 September 2019, dilengkapi biodata peserta (scan/fotokopi KTP, ID Media, alamat email, Nomor HP),” jelas Kolonel Taibur Rahman.

Dia menegaskan bahwa keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat dan peserta dapat mengkonfirmasi lebih lanjut dengan menghubungi Letkol Sus Aidil HP. 081806263083, Mayos Sus Santoso HP. 08111915546, Kapten Caj (K) Viqi HP. 081382696464.

“Bagi rekan-rekan Wartawan/Media yang sudah menyerahkan karya jurnalitik pada Panglima Award 2018 yang sempat tertunda karena situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat itu dalam keadaan berduka akibat terpaan bencana alam baik gempa bumi di Lombok NTB maupun gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah akan tetap diikut lombakan,” terangnya.

Namun lanjut dia, bagi Wartawan yang mempunyai materi terbaru dan sudah dipublikasikan di media massa baik Cetak (Koran dan Majalah), Televisi, Radio dan Online, panitia lomba akan tetap menerima materi tersebut.

“Adapun jenis materi lomba yaitu Media Cetak dan Online:artikel isu-isu strategis, featureisu-isu taktis operasional dan foto human interest. Media Televisi: dokumenter, news, talk show dan iklan layanan masyarakat/PSA. Media Radio:siaran radio tentang layanan masyarakat / jingle dan siaran radio tentang berita TNI,” imbuhnya.

Kabidpenum Puspen TNI menuturkan bahwa Ketentuan Umum peserta lomba adalah ; media atau wartawan/fotografer WNI bekerja pada media terakreditasi Dewan Pers; Materi lomba disesuaikan dengan tema dan belum pernah diperlombakan; Karya yang dilombakan telah dipublikasikan di media cetak/televisi/radio/online dalam periode 1 Januari 2018 sampai dengan 30 September  2019 dengan melampirkan bukti publikasi; Materi lomba dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan merupakan karya asli yang dapat dipertanggungjawabkan; Peserta lomba boleh mengikuti semua kategori maksimal dua dari masing-masing kategori.

Sedangkan ketentuan khususnya jelas dia adalah ; Media Cetak dan Online: Minimal penulisan karya 4.000 karakter atau sekitar 700 kata. Media Televisi dan Radio: Peserta Lomba adalah Media Televisi atau Radio, bukan perorangan.

“Sedangkan untuk Foto Human Interest: Pertama, tema Personel TNI Dari Sisi Human Interest Dalam Berbagai Bidang Kehidupan. Kedua, karya jurnalistik dikirim dalam bentuk soft copy dengan resolusi 3.000 pixel dan ukuran file foto minimal 3,5 MB dan maksimal 5 MB dalam bentuk JPEG. Ketiga, karya yang dilombakan harus mencantumkan judul dan keterangan waktu serta lokasi pengambilan foto atau video. Keempat, tidak diperbolehkan melakukan manipulasi digital, menambah atau mengurangi objek foto. Kelima, editing yang diperbolehkan meliputi cropping, dan editing terbatas pada brightness dan contrast.

 

(Redaksi)

loading...