PB, Papua — Satgas Yonif 713/Satya Tama kembali mendapatkan miras sebanyak 18 botol golongan A di Pos Koya Koso jalan pertigaan Desa Kukup, Ahad malam (15/9).

 

Belasan botol miras itu didapat tatkala para prajurit yang dipimpin langsung Danpos Koya Koso Letda Inf Agung Redono melakukan sweeping terhadap sejumlah kendaraan yang melintas di depan Pos Koya Koso.

“Anggota memberhentikan sebuah sepeda motor dengan nomor polisi PA 6755 RK yang dikendarai oleh YW (34) dari arah Abe pantai menuju ke arah Arso dan langsung diperiksa barang bawaannya. Dalam pemeriksaan tersebut menemukan dos barang yang dibungkusi oleh plastik hitam dan ternyata minuman beralkohol,” ujar Perwira Penerangan Satgas Yonif  713/ST Letda Jansen.

Selanjutnya kata Jansen puluhan miras itu diamankan oleh pihaknya karena melanggar Perda tentang Miras.

“Ini sesuai Peraturan Daerah Provinsi Papua Nomor 15 Tahun 2013 yang berbunyi tentang pelarangan produksi, pengedaran dan penjualan minuman beralkohol, serta di pasal 8 yang isinya -setiap orang dilarang mengkomsumsi atau meminum minuman beralkohol golongan A, B dan C serta racikan atau oplosan apabila orang yang melanggar ketentuan pasal 8 diancam pidana kurungan paling lama 6 bulan dengan denda paling banyak 50 juta rupiah,” ujar Letda Jansen.

Jansen menambahkan pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap warga yang membawa miras itu namun memberikan pencerahan untuk tidak mengulangi hal serupa.

“Kegiatan sweeping ini akan lebih diperketat supaya dapat mencegah barang barang yang berbentuk illegal ataupun yang dapat merusak pada kesehatan diri,” tutupnya.

(Redaksi)

loading...