PB, Paris – Ilmuwan politik Prancis, Charles Saint Prot menyoroti sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron di Laut Mediterania Timur.
Bahkan Saint Pront menyebut Macron tidak tidak tahu apa-apa tentang Mediterania sehingga Prancis tidak menjalankan perannya dengan baik di kawasan itu.
“Prancis harus mencoba berurusan dengan Turki. Mungkin ada ketidaksepakatan, tetapi sekarang Macron dan pemerintah Prancis memiliki dendam terhadap Turki. Ini tidak sesuai dengan peran Prancis di Mediterania,” ujar Saint Print seperti dikutip doguakdenizpolitik, Kamis (17/9).
Menurut dia, kepentingan Prancis tidak seharusnya dipertaruhkan dengan mendukung Yunani dalam ketegangan di Laut Mediterania Timur.
“Macron membuat kesalahan dengan mendukung Yunani di Mediterania Timur. Kepentingan Prancis seharusnya tidak dipertaruhkan di sini. Macron membuat kesalahan dengan mendukung satu negara dan melawan negara Iain,” jelasnya
Dia menambahkan atas tindakan Presiden Macron itu, Prancis kehilangan kesempatan untuk menjadi negara yang mendekatkan kedua belah pihak.
(Red/DAP)
loading...