PB, Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo), H. Jose Rizal menegaskan pihaknya mendukung sepenuhnya program Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam memulihkan ekonomi di masa pandemi ini.

Penegasan ini disampaikan Jose Rizal saat dimintai tanggapan terkait dengan pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomo Kreatif pekan lalu yang menggandeng Asprindo untuk mengembangkan desa wisata di provinsi paling bontot, Kalimantan Utara.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf menyebut akan mengembangkan 5 desa wisata di Kaltara.

Kaltara, menurut Sandiaga, bukan sekadar memiliki potensi wisata, tapi juga karena merupakan batas wilayah Kedaulatan Indonesia, sehingga bisa dikembangkan lewat wisata berbasis kebangsaan.

Menurut Jose, pengembangan desa wisata yang merupakan program kerjasama antara pihaknya dengan Kemenparekraf merupakan salah satu solusi memulihkan roda perekonomian saat ini.

“Roda perekonomian harus secepatnya digulirkan agar rakyat terhindar dari jurang kemiskinan. Salah satunya melalui pengembangan desa wisata. Apalagi Pak Menteri sudah memberi kode agar program desa wisata harus secepatnya berjalan,” ujar Jose, Rabu (21/7).

Kata dia, melalui program desa wisata tersebut, secara ekonomi masyarakat akan berdaya.

“Akan lahir peluang usaha dan tercipta lapangan pekerjaan,” ujarnya lagi.

Lebih jauh Jose menyebut lahirnya aneka usaha di desa juga akan mendorong terwujudnya kampung industri di setiap desa.

“Nah inilah yang menjadi harapan kita, di setiap desa akan tercipta kampung industri. Akan lahir industri pariwisata di desa yang terdiri dari destinasi wisata, kuliner, kerajinan tangan dan lain sebagainya,” jelasnya.

Karena itu Jose meyakini program kampung industri termasuk desa wisata di dalamnya yang juga merupakan program kerja Asprindo, akan ikut membantu mengakselerasi pulihnya perekonomian nasional secara signifikan.

(Red)

loading...